Mantan Direktur TVRI Latih MC di Unissula

Tidak seperti biasanya, lantai 2 perpustakaan pusat unissula ramai dikunjungi mahasiswa dan mahasiswi yang duduk berjajar dengan rapi didepannya nampak seorang perempuan berkacamata sedang menjelaskan materi sambil memperagakan layaknya seorang Master Of Ceremony atau MC. Beberapa mahasiswa maju ke depan mengucapkan kalimat panjang dengan satu kali nafas. Ya Mereka adalah peserta dan trainer pelatihan protokoler dan MC tingkat universitas tahun 2012 yang diadakan oleh lembaga kemahasiswaan Universitas Islam Sultan Agung Jum’at (13/04) di Gedung cyber library lantai 2.

Pelatihan yang dimoderatori oleh Made Dwi Adnjani, S.Sos, MM, Seorang Dosen Fakultas Ilmu komunikasi itu mendatangkan Dra.Nunuk Parwati, MM, Beliau pernah menjabat sebagai Direktur berita TVRI dan saat ini beralih profesi sebagai Pengajar di MMTC yogyakarta. Mantan reporter yang sering mangkal istana Negara itu mengawali materi pelatihan dengan melontarkan pertanyaan kepada para peserta. “sudah makan siang?”tanyanya. “sudaahh”serentak mahasiswa menjawab. “ yah bagus..jadi MC itu harus sehat dan dan berenergi agar bisa tapil prima” tambahnya.

Pelatihan yang dilaksanakan disiang bolong itu berlangsung interaktif dan mendapat respon antusias dari para peserta. Bukan hanya penampilan, teknik vocal, teknik berbicara saja yang penting tetapi ada hal yang lebih penting dari semua itu yakni seorang MC harus memiliki kepribadian yang positif, “beberapa hal terpenting yang juga harus dimiliki seorang MC adalah kepribadian positif yakni kemauan untuk belajar, mampu berfikir jernih dan bersikap tenang dalam menjalankan tugas, tidak terpaku dengan kesalahan melainkan belajar dari kesalahan untuk lebih baik, berjiwa besar dalam menghadapi beragam situasi, tetap rendah hati dan menghargai orang lain” tutur perempuan yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Jurusan Penyiaran MMTC.

 

Melanggar undang-undang

Acara yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu juga Menjelaskan Undang undang No 8 Tahun 1989 tentang Protokoler yakni serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi meliputi :Tata tempat urutan tempat bagi pejabat negara, pejabat pemerintah, dan tokoh masyarakat dalam acara kenegaraan atau acara resmi Tata Upacara seperti bendera, lagu kebangsaan, pakaian upacara dll. Seorang mahasiswa dari Fakultas Ilmu komunikasi menanyakan terkait pelanggaran undang undang protokoler.”Bagaimana jika ada sebuah lembaga atau perseorangan melanggar undang-undang tentang protokoler?apakah akan di kenai sangsi pidana?”Tanya mahasiswa yang memakai baju hitam itu.”sejauh yang saya ketahui, selama ini belum ada orang dihukum karena melanggar undang-undang protokoler”jawab wanita yang sudah melalang buana di dunia broadcasting itu.”kalaupun ada pelanggaran hukum, maka itu hanya akan terlihat aneh saja” tambahnya.

di akhir pemaparannya, Bu nunuk mengucapkan “selamat berlatih dan jadilah MC yang Profesional” Katanya dengan diiringi tepuk tangan perserta.(faiz)

Last Updated (Tuesday, 16 April 2013 02:51)

 

Member Login



LiveZilla Live Help

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

Favorite Link

Sosial Media

@fikomUnissula
FikomUnissula