Profil Fikom

broadcasting

Fakultas Ilmu Komunikasi Adalah Salah satu dari 11 Fakultas yang ada di Universitas Islams Sultan agung (Unissula) Semarang. Unissula didirikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) pada tanggal 16 Dzulhijjah 1381 H, bertepatan dengan 20 Mei 1962 M, Tiga fakultas telah dibuka yakni Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti Alam. Pada tahun berikutnya didirikan Fakultas Kedokteran (10 Oktober 1963). Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, dan Fakultas Teknik kemudian menggantikan FIPIA dibuka pada tahun berikutnya, bersama dengan semangat untuk meningkatkan pengetahuan melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang, Unissula telah berkembang menjadi universitas terkemuka dengan 11 Fakultas dan 24 Program Sarjana (S1) dan 5 Program Pascasarjana (S2) serta Diploma 3 (D3) Sebagai salah satu Universitas Islam terkemuka di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 48 tahun, Unissula memiliki peran strategis bagi Indonesia dan dunia Islam pada khususnya. Dengan demikian, prestasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi harus dicapai serta sumber daya manusia yang berkualitas akan terus diciptakan. Menyelenggarakan pendidikan tinggi islam yang berorientasi pada kualitas dan kesetaraan universal melalui penerapan budaya akademik islami.

 

Unissula yang telah mencanangkan diri sebagai World Class Islamic Cyber University dengan moto besarnya "bismillah membangun generasi khaira ummah" merupakan sebuah perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah, yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas. Unissula adalah kampus modern yang selalu membuka diri untuk setiap perkembangan zaman,

dan terus membangun connectivitas dengan berbagai institusi baik di tingkat local, nasional maupun global. Unissula juga merupakan sebuah perguruan tinggi yang unik, dimana dalam setiap aktivitas akademisnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sebagaimana yang diajarkan oleh Qur'an dan hadists. Sebagai sebuah kampus yang berada di tengah menggeliatnya teknologi informasi komunikasi, maka Unissula juga telah mencanangkan diri untuk bermigrasi dari analog ke digital dengan mengusung teknologi Digital Multimedia Broadcasting (DMB) sebagai tools-nya. Teknologi ini akan menjadikan Unissula sebagai satu-satunya universitas yang melakukan convergence antara data, sudara dan gambar didalam pelayanan akademis dan administrasinya.


Sebagai sebuah universitas berkelas dunia, maka penggunaan bahasa Inggris dan Arab merupakan sebuah keharusan, baik untuk dosen maupun mahasiswanya. Sehingga mereka mampu berinteraksi dan memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi disaat harus menghadapi lingkungan global.


Sebagai kampus terbesar di Jawa Tengah, maka Unissula yang berada di kampus terpadu dengan luas area 35 ha, menjadi tempat yang hijau, teduh, nyaman dan representative untuk aktivitas akademis maupun pengembangan diri. Disini mahasiswa dan dosen saling bersinergi untuk membawa Unisula menuju kampus khaira ummah. Sebuah kampus yang mencetak generasi-generasi terbaik masa kini.

Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai Fakultas termuda di unissula yang berdiri pada tahun 2008 secara capat dapat bersaing dengan fakultas-fakultas lain. Teknologi Terestrial Digital Multimedia Broadcasting atau T-DMB yang dikembangkan diunissula memberikan keuntungan tersendiri bagi Fakultas karena penerapan ini akan melibatkan SDM baik mahasiswa maupun karyawan Fakultas ilmu Komunikasi Unissula. Mengingat Fikom Unissula memiliki konsentrasi yang amat erat hubungannya dengan T-DMB yakni bidang penyiaran atau broadcasting yang semua itu akan tercover dalam wadah Unissula TV, sebuah stasiun Televisi Kampus pertama yang berbasis digital ini akan dipunggawai oleh awak dari fakultas Ilmu Komunikasi untuk konten dan Fakultas Teknologi industri untuk pengembangan teknologi.

dalam penerapan teknologi itu fakultas Ilmu komunikasi Unissula selalu mengedepankan Budaya akademik Islami dalam setiap aktivitasnya. semua ikhtiar itu dilakukan semata-mata dalam rangka membangun generasi khoiru Ummah yang siap bersaing di dunia global di era Cyber seperti sekarang ini.

 

Member Login



LiveZilla Live Help

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

Favorite Link

Sosial Media

@fikomUnissula
FikomUnissula