Buka Wawasan Baru, Fikom Unissula Kunjungi Beberapa Media di Jakarta

Buka Wawasan Baru, Fikom Unissula Kunjungi Beberapa Media di Jakarta


Dalam rangka memahami perkembangan dunia komunikasi terkini, khususnya bidang jurnalistik dan penyiaran. Fikom Unissula melakukan kunjungan ke LKBN Antara, DAAI TV dan Communicasting Academy Jakarta (19-20/5). Kunjungan selama 2 hari tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fikom Unissula Trimanah M.Si dengan membawa 37 mahasiswa Fikom angkatan 2014. Pada kunjungan pertama rombongan Fikom Unissula mengunjungi LKBN Antara yang berada di Wisma Antara, Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

 

 

Kedatangan rombongan Fikom Unissula disambut hangat oleh Iswahyuni selaku Corporate Secretary, Manager Humas Prima Yanti, Reporter Antara TV Ardi Irawan, Pewarta antaranews.com Arindra Meodia.

Kunjungan ini difokuskan pada bagaimana produksi berita di LKBN Antara di era keterbukaan informasi seperti saat ini. Dalam kesempatan tersebut Iswahyuni memaparkan sekilas mengenai peliputan dan penyebaran informasi secara cepat, akurat dan penting ke seluruh wilayah Indonesia dan Dunia sebagaimana sesuai dengan motto LKBN Antara.

Dalam menjawab tantangan di era keterbukaan informasi, Iswahyuni mengungkapkan mulai akhir tahun 90an, pengiriman berita kepada 300 pelanggan menggunakan satelit/VSAT dan sejak tahun 2001 berita Antara dapat diakses melalui internet membentuk sebuah media cyber yaitu antaranews.com yang dapat diakses semua kalangan tanpa ruang dan batas. Selain itu, di Antara beberapa mahasiswa Fikom Unissula berkesempatan untuk menjajal keahliannya dalam membawakan program acara berita televise di studio Antara TV dan dipandu langsung oleh Ardi Irawan (Reporter/presenter Antara TV).

Kunjungan ke-2, rombongan Fikom Unissula mendapatkan pengalaman unik ketika mengunjungi DAAI TV, demi menjaga kesucian mereka harus melepas sepatu ketika masuk ke kantor DAAI TV yang berada di kompleks Tzu Chi center Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Hal yang dapat dipetik dari DAAI TV adalah prinsipnya yang selalu menampilkan nilai-nilai prinsip Kebenaran, Kebajikan dan Keindahan. Memakai nama DAAI TV karena hampir sama dengan kata DA'I yang akrab dengan aktivitas dakwah para ulama Islam Indonesia. Tayangan positif seperti ini yang harus disebarkan kepada masyarakat.

Sesuai misinya, DAAI TV memfokuskan diri dalam bidang kemanusiaan yang menitikberatkan pada penyebaran cinta kasih lintas agama, suku, bangsa dan negara. Siarannya terdiri dari drama, dokunews, talkshow, kartun, dokumenter, dan liputan cilik. Slogan dan motto DAAI TV adalah sebagai Televisi Cinta Kasih.

Selain itu rombongan Fikom Unissula juga mengunjungi Communicasting Academy, sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan profesi di bidang komunikasi penyiaran yang fokus pada peningkatan mutu dan kualitas professional bidang komunikasi penyiaran. Disini mahasiswa Fikom disambut langsung oleh CEO Communicasting Academy Donny de Keizer dan diajak praktek langsung ke studio radio dan televise yang berada di kawasan Pondok Indah, Jakarta. Donny menjelaskan bahwa di era yang sekarang, seorang jurnalis khususnya jurnalis penyiaran dituntut untuk serba bisa. Dalam arti ia harus memiliki kemampuan di berbagai bidang baik menulis, memotret dan merekam gambar serta memahami perkembangan IT.

Muhammad Iqbal, mahasiswa yang ikut dalam rombongan mengaku bahwa kunjungan ke beberapa media di Jakarta ini dapat membuka cakrawala baru dan meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan dunia komunikasi. Mahasiswa juga dapat mengamati dan praktik langsung bagaimana proses produksi konten di media massa.

 

 

 

Member Login



LiveZilla Live Help

You must have the Adobe Flash Player installed to view this player.

Favorite Link

Sosial Media

@fikomUnissula
FikomUnissula